Selasa, 03 Januari 2017

PERBEDAAN BEBERAPA NEGARA ASIA DIBIDANG TEKNOLOGI


PERBEDAAN BEBERAPA NEGARA ASIA DIBIDANG TEKNOLOGI

   Melihat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat dan maju di negara-negara yang ada di dunia, seperti negara-negara Eropa dan Amerika kini telah menjalar negara-negara ke Asia yaitu Jepang, China, Korea Selatan dan India. Semua ini memang tak lepas dari peran positif globalisasi dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga di negara Eropa Utara memiliki program belajar seumur hidup, pengembangan inovasi nasional, peningkatan investasi riset dan pengembangan serta pelaksanaan laboratorium masyarakat informasi di Eropa. Selain itu China juga menerapkan hal yang sama dalam mengelola negaranya yaitu mengoptimalkan peran teknologi informasi dalam pembangunan bahkan mengembangkan secara intens dalam program-program pendidikan. Pada akhirnya China mampu bersaing bahkan menjadi negara yang maju untuk bidang TIK.
   Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki sekitar 17 ribu lebih pulau (6 ribu pulau berpenduduk) yang tersebar dalam area geografis 1.919.440 km2. di satu sisi kondisi ini merupakan suatu keuntungan yang besar bagi bangsa kita karena memiliki sumber daya yang besar, baik secara demografis maupun geografis. Jumlah pulau yang tersebar begitu banyak justru menjadi hambatan dalam proses pembangunan dan pengembangan TIK. Aspek tingginya biaya menjadi salah satu faktor penting sulitnya pembangunan dan pengembangan TIK hingga ke pelosok negeri, sehingga fokus pembangunan lebih banyak dititikberatkan pada wilayah-wilayah yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi seperti pulau Jawa dan sebagian Sumatra.
   Selain itu, perkembangan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia masih belum memadai. Jumlah sambungan telepon tetap baru 8,7 juta atau dengan tingkat teledensitas kurang dari 4 persen. Sementara pemerintah menargetkan jumlah sambungan telepon per 100 penduduk sebesar 13% pada tahun 2009. Hal itu berkebalikan dengan penetrasi telepon seluler yang telah mencapai 22,8%. Sampai saat ini terdapat sekitar 43 ribu desa atau 65% desa yang belum terjangkau oleh jaringan telepon.
   Asumsi dari Internet world stats yang memprediksi dari jumlah penduduk Indonesia di tahun 2009 adalah sekitar 240 juta orang penetrasi internet diperkirakan hanya 10,4 persen. Indonesia hanya menempati ranking ke-22 dari seluruh negara di Asia Untuk 5 besar penetrasi internet di Asia adalah:
  1. Korea Selatan (77,3%)
  2. Jepang (74,0%)
  3. Hongkong (69,2%)
  4. Singapura (66,7%)
  5. Taiwan (65,9%)


 Teknologi di Indonesia
Dengan perkembangan teknologi komunikasi yang semakin pesat, khususnya pada perkembangan internet yang membuat sebagian besar penduduk saat ini lebih banyak menghabiskan waktu berkomunikasi dengan internet daripada secara langsung / offline. Semua itu terjadi di Negara tercinta Indoensia Raya ini. Indonesia sendiri termasuk salah satu dari 10 besar pengguna internet media sosial di Dunia. Indonesia juga sebagai mobile user khususnya android yang terbesar dibanding negara-negara tetangganya. Kita dapat lihat disini persentase pengguna mobile seperti Android yang ada di Indonesia.
Dengan alasan begitu, maka beberapa individu/kelompok yang berada di dunia IT bersatu untuk membangun Startup seperti E-Commerce yang kegunaannya untuk memanfaatkan situasi yang terjadi di Indonesia ini. E-Commerce dibangun yang tujuannya agar memudahkan Masyarakat indonesia dalam berbelanja barang apapun dengan cepat dan instant, yang hanya bermodalkan suatu koneksi internet.
Berikut adalah beberapa Startup besar yang ada di Indonesia.
Itulah salah satu keunggulan kemajuan teknologi sistem cerdas yang ada di Indonesia yang sudah diakui kebesarannya di Dunia.

Teknologi di Jepang.
Jepang adalah salah satu negara raksasa yang namanya sudah diakui di benua bahkan Dunia. Ketika berbicara tentang teknologi, Jeang sudah tidak dapat lagi diragukan kemajuannya. Salah satu contoh kemajuan teknologi sistem cerdas disana adalah Majunya Robot dengan teknologi yang teratas didunia. Berbagai materi didapatkan dan dibangunlah sebuah robot yang tampilannya sudah mendekati seperti manusia. 


Virtual Reality yang sudah sangat maju menjadikan Jepang sebagai negara pembangun sistem dengan visual terbaik di Dunia. 



Itulah sebagian kecil dari contoh perkembangan teknologi sistem cerdas yang ada di Jepang yang dapat diunggulkan.

Teknologi di Korea Selatan.
 Sama halnya dengan Jepang, Korea selatan termasuk salah satu negara raksasa dibidang teknologi yang ada diDunia dan Asia. Dari segi teknologi militer, sistem cerdas berupa Robot dan sebagainya juga sudah sangat canggih. Yang akan saya bahas disini adalah perkembangan sistem cerdas IoT (Internet of Things) yang ada di Korea Selatan. IoT disana sudah digunakan secara global pada supermarket disetiap daerah. Sistemnya adalah dimana ketika kita membeli suatu barang disupermarket, kita hanya berbekal sebuah perangkat android. Supermarket tersebut tidak ada kasir, jadi meminimalisir adanya antrian panjang.

 untuk membeli barang yang kita inginkan, kita hanya menunjukan Barcode/QR-Code pada perangkat kita untuk membayar secara langsung di tempat barang tersebut berada. IoT disana didukung dengan Luasnya jaringan Wi-Fi yang ada di daerah korea selatan. Itu juga merupakan suatu kelemahan dinegara kita. Masih sulit sekali untuk mengimplementasikan perluasan jaringan Free Wi-Fi di Indonesia ini. Itulah salah satu dari sebagian kecil teknologi sistem cerdas yang menarik perhatian saya sebagai masyarakat dinegara yang masih minim sekali jaringan internet.
Untuk jaringan internet, korea selatan sendiri sudah tidak diragukan. Korea selatan menempati 3 BESAR DUNIA untuk akses internet tercepat.



DAFTAR PUSTAKA
https://static1.squarespace.com/static/519a797fe4b07a77f10dc2ff/t/534f61f1e4b0b5927b85152c/1397711346169/
https://randomwire.com/2011-south-korean-trends/ 
https://www.statista.com/chart/1065/south-korea-and-japan-top-internet-speed-ranking/

 


1 komentar:

  1. I wanted to thank you for this excellent read!! I absolutely loved every little bit of it. I have got you book-marked to check out new stuff you post…

    BalasHapus