1. DEFINISI DESAIN GRAFIS DAN ANIMASI
*Desain Grafis adalah
suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk
menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam Desain Grafis,
teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi
simbol-simbol yang bisa dibunyikan.
Desain
grafis diterapkan
dalam desain komunikasi
dan fine art.
Desain Grafis adalah
cabang ilmu dari Seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis
dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Orang yang
bekerja dalam bidang ini disebut dengan Designer dan seorang Designer
harus memiliki minimal 5 Dimensi Keilmuan, yaitu:
1. Wawasan Teknologi
2. Wawasan Sains
3. Wawasan Seni
4, Wawasan Sosial
dan Budaya
5. Wawasan Filsafat
dan Etika.
*Animasi
adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang
disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah
ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi.
Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa
gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang
pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus
menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek
dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut.
2.
Definisi
dari Pixel, Resolusi, Hue, Garis & Kurva.
*Definisi
Piksel
Pixel
adalah bagian terkecil pada suatu gambar digital. Monitor menampilkan
gambar dengan membagi-bagi layar menjadi ribuan (bahkan jutaan)
pixel-pixel, tersusun pada banyak baris dan kolom. Pixel-pixel ini
sangat dekat satu sama lain sehingga tampak seperti terhubung satu
sama lain.
Jumlah bit yang digunakan untuk mewakili tiap pixel menentukan berapa banyak warna yang dapat ditampilkan pixel tersebut, ini biasa disebut sebagai color depth. Contohnya, jika monitor menggunakan 8 bit untuk tiap pixel, maka tiap pixel mampu menampilkan 256 warna berbeda (2 pangkat 8).
Pada monitor, setiap pixel sebenarnya terdiri atas 3 titik, yakni 1 titik merah, 1 titik biru, dan 1 titik hijau. Gabungan dari tiga titik tersebut menampilkan warna yang diinginkan.
Jumlah bit yang digunakan untuk mewakili tiap pixel menentukan berapa banyak warna yang dapat ditampilkan pixel tersebut, ini biasa disebut sebagai color depth. Contohnya, jika monitor menggunakan 8 bit untuk tiap pixel, maka tiap pixel mampu menampilkan 256 warna berbeda (2 pangkat 8).
Pada monitor, setiap pixel sebenarnya terdiri atas 3 titik, yakni 1 titik merah, 1 titik biru, dan 1 titik hijau. Gabungan dari tiga titik tersebut menampilkan warna yang diinginkan.
*Definisi
Resolusi
Kualitas
layar biasanya bergantung pada resolusi (jumlah
pixel yang bisa ditampilkan), serta berapa banyak bit yang mewakili
tiap pixel. Layar VGA dapat menampilkan 300 ribu pixel (640x480),
layar SVGA dapat menampilkan 480 ribu pixel (800x600), dan
seterusnya. Sistem True Color menggunakan 24 bit pada tiap pixel,
sehingga dapat menampilkan lebih dari 16 juta warna berbeda, akan
tetapi saat ini kebanyakan layar menggunakan 8 bit pada tiap
pixel.
Ketajaman suatu gambar dapat dilihat dari kerapatan pixel-pixel, atau biasa disebut sebagai dpi (dots per inch) atau ppi (pixel per inch). Dalam hal ini dot (titik) dimaksudkan sebagai pixel, jadi keduanya memiliki arti yang sama. Dots per inch dapat ditentukan dari ukuran layar dan resolusi yang dimiliki. Pada ukuran layar yang sama, semakin besar resolusi maka semakin besar pula dpi/ppi. Sedangkan pada resolusi yang sama, semakin besar ukuran layar maka semakin kecil dpi/ppi. Sebaliknya semakin kecil ukuran layar maka semakin besar dpi/ppi.
Ketajaman suatu gambar dapat dilihat dari kerapatan pixel-pixel, atau biasa disebut sebagai dpi (dots per inch) atau ppi (pixel per inch). Dalam hal ini dot (titik) dimaksudkan sebagai pixel, jadi keduanya memiliki arti yang sama. Dots per inch dapat ditentukan dari ukuran layar dan resolusi yang dimiliki. Pada ukuran layar yang sama, semakin besar resolusi maka semakin besar pula dpi/ppi. Sedangkan pada resolusi yang sama, semakin besar ukuran layar maka semakin kecil dpi/ppi. Sebaliknya semakin kecil ukuran layar maka semakin besar dpi/ppi.
*Definisi
Garis dan Kurva
Garis
adalah komponen pembentuk bangun datar dan bangun ruang. dalam
matematika, garis dilambangkan dengan (). Garis selalu digambarkan
sebagai garis lurus yang kedua ujungnya memiliki anak panah.
Kurva
adalah garis dan ruas garis yang membentuk kurva – kurva sederhana.
Kurva dapat digambarkan dengan bermacam – macam bentuk, bentuknya
bisa teratur bisa juga tidak teratur. Dikenal 4 macam kurva yaitu :
1. Kurva
tertutup sederhana
2. Kurva
tidak tertutup sederhana
3. Kurva
tertutup tidak sederhana
4. Kurva
tidak tertutup tidak sederhana
*Definisi Hue
Hue adalah
macam-macam warna dalam satu jenis warna, misalnya jenis warna merah
memiliki macam-macam warna seperti : merah darah, merah jambu, merah
rose, merah hati, merah jernih, merah jingga, merah muda, dll.
3.
Contoh Software untuk membuat desain Grafis & Animasi
Perkembangan software
tentunya akan menghasilkan gambar yang mempunyai nilai seni yang
tinggi. Hal ini tentunya tidak terlepas dari penggunaan software. Ada
beberapa software yang digunakan dalam hal desain grafis antara lain
:
>
Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program
ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet,
booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur
penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti
Adobe Photoshop).
- Adobe
FrameMaker
- Adobe
In Design
- Adobe
PageMaker
- Corel
Ventura
- Microsoft
Publisher
- Quark
Xpress
>
Aplikasi Pengolah
Vektor/Garis
Program
yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar
dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator
Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa
garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung.
- Adobe
Illustrator
- Beneba
Canvas
- CorelDraw
- Macromedia
Freehand
- Metacreations
Expression
- Micrografx
Designer
>
Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program
yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah
gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semua objek yang diolah
dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa
titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya,
foto. Gambar dalam foto terbentuk dari
beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu.
Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga
mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagai kumpulan
pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah
diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan
dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.
- Adobe
Photoshop
- Corel
Photo Paint
- Ulead
Photo Paint
- Macromedia
Xres
- Metacreations
Painter
- Metacreations
Live Picture
- Micrografx
Picture Publisher
- Microsoft
Photo Editor
- QFX
- Wright
Image
>
Aplikasi Pengolah Film/Video
Program
yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah
film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti
karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program
ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara
ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat
menggunakan aplikasi ini.
- Adobe
After Effect
- Power
Director
- Show
Biz DVD
- Ulead
Video Studio
- Element
Premier
- Easy
Media Creator
- Pinnacle
Studio Plus
- WinDVD
Creater
- Nero
Ultra Edition
- Adobe
Premier
>
Aplikasi Pengolah Multimedia
Program
yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat
sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil
perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun
DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks,
gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang
disampaikan lebih interktif dan menarik.
- Macromedia
Authorware
- Macromedia
Director
- Macromedia
Flash
- Multimedia
Builder
- Ezedia
- Hyper
Studio
- Ovation
Studio Pro
- Front
Page
DAFTAR PUSTAKA:
* http://www.kreatifprofesional.com/definisi-desain-grafis
* http://www.jendelasarjana.com/2014/05/pengertian-pixel.html
* http://materidesaingrafis.blogspot.co.id/2016/05/pengertian-dan-pengelompokan-warna-hue.html
* http://www.aiga.org/guide-whatisgraphicdesign
* https://en.wikipedia.org/wiki/Graphic_design
* http://www.webopedia.com/TERM/A/animation.html
0 komentar:
Posting Komentar