Kamis, 13 April 2017

PENGANTAR INKSCAPE

PENGANTAR INKSCAPE


Dari namanya “Inkscape” banyak orang yang masih belum mengenal aplikasi yang satu ini. Beberapa hal karena khususnya masyarakat di Indonesia banyak menggunakan sistem operasi Windows yang familiar dengan Corel Draw dan Adobe Illustrator.

Lalu bagaimana dengan Inkscape? Inkscape adalah software pengolah vector yang sama seperti Corel Draw dan Adobe Illustrator, dan berikut penjelasannya.
Pengertian dari Apa Itu Inkscape??

Dari pengertiannya Inkscape adalah perangkat lunak (Software) pengolah vector yang sifatnya open source (Gratis) dibawah lisensi GNU GPL (GNU General Public License)  dan tujuan utamanya menjadi perangkat pengolah grafik vector yang memenuhi standar XML, SVG dan CSS. Inkscape sama seperti software Corel Draw, Adobe Illustrator dan lainnya, berbedanya Inkscape dengan Software lainnya adalah penggunaan SVG (Scalable Vector Graphics) yang sekarang memenuhi standar XML W3C.

Sejarah Inkscape:
Inkscape dirintis pada tahun 2013 sebagai pengembangan perangkat lunak dari proyek Sodipodi. Sodipodi itu adalah pendahulu Inkscape yang di kembangkan sejak 1999 (Tetapi sudah tidak aktif lagi) didasarkan pada GILL (Gnome Illustration Application) buah karya dari Raph Levien. Pengembangan perangkat lunak itu di pandu sebuah tim yang berjumlah 4 orang beranggotakan mantan pengembangan Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mengenali perbedaan dari tujuan-tujuan projek itu, keterbukaan bagi kontribusi pihak ketiga, dan ketidaksetujuan teknis sebagai alasan mereka melakukan forking (pengembangan).
Dengan Inkscape, mereka berpendapat bahwa mereka dapat memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG secara lengkap, tidak seperti pengembangan Sodipodi yang menekankan pada pembuatan sebuah editor grafik vektor yang umum, dengan mengorbankan implementasi SVG.

Dari tahun 2005, Inkscape telah berpartisipasi dalam Program Google Summer of Code sampai akhir 2007, sistem pelacakan bug Inkscape yang diselenggarakan di Sourceforge tetapi pada 21 November 2007 dinyatakan bahwa mereka akan memindahkannya ke Launchpad.

WINDOW INKSCAPE:

Ini adalah tampilan inkscape saat pertama dibuka. Disini, anda bisa melihat seluruh bagian, seperti canvas, ruler, menu bar dan lainnya. Penjelasan lebih lanjut akan dibahas di bawah ini.


CANVAS:


Disebut juga tempat kerja, canvas adalah area dimana kita bisa mengerjakan objek. Canvas tidak terbatas hanya kertas yang ditengah saja, tapi termasuk juga yang diluarnya. Yang berbeda adalah seleksi objek yang akan di render.


COMMAND BAR:

Ada di kanan (bukan paling kanan), ini berisi perintah-perintah dasar yang paling sering digunakan pengguna, seperti save, paste, print, new dan perintah lainnya.


CONTROL BAR:

Ada di bawah menu bar, ini berisi perintah-perintah untuk mengedit dan memodifikasi objek, seperti perintah untuk menseleksi semua objek, perintah untuk memutar objek 90 derajat, dan perintah modifikasi objek lainnya.


MENU BAR:

Ada di paling atas, ini berisi perintah-perintah dasar untuk mengedit aplikasi Inkscape sendiri, seperti mengatur dokumen yang dibuka, membuka bantuan dan lainnya.


PALETTE:
 Ada di bawah, berisi berbagai warna yang bisa diatur dan berfungsi untuk memberikan warna ke berbagai objek.


RULER:

Ada di sekitar canvas, ruler atau penggaris berfungsi sebagai tolak ukur dalam penempatan objek dan sebagai pengukuran objek.


STATUS BAR:

Berada dibawah setelah Palette Berfungsi untuk menampilkan informasi dan status dari Lembar kerja serta objek yang ada maupun yang sedang di buat. Seperti informasi warna objek, posisi, dan lainnya.


TOOL BAR:

Berada di sebelah kanan. Dan berisi berbagai ikon tool yang berfungsi membuat dan memanipulasi objek di lembar kerja Inkscape.


KOORDINAT DAN ZOOM LEVEL:

Ini berada setingkat dengan status bar, tapi di paling kanan. Fungsinya menunjukkan koordinat mouse dan menunjukkan tingkat zoom.




DAFTAR PUSTAKA:

https://inkscape.org/en/about/overview/https://www.quora.com/Which-is-better-Illustrator-or-Inkscapehttps://www.yumpu.com/id/document/view/17165252/tik-sma-kelas12smt1-mugos-ums/23http://inkstutor.blogspot.sg/2014/01/apa-itu-inkscape.html





0 komentar:

Posting Komentar