Minggu, 27 November 2016

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM CERDAS

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNOLOGI SISTEM CERDAS

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)



          Artificial Intelligence (AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan, antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan, dan robotika.
         Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh : mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh : Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.
        Sistem pakar merupakan paket perangkat lunak atau paket program computer yang ditujukan sebagai penyedia nasihat dan sarana bantu dalam memecahkan masalah di bidang-bidang spesialisasi tertentu seperti sains, perekayasaan, matematika, kedokteran, pendidikan dan sebagainya. System pakar merupakan subset dari Artificial Intelegence.
Keuntungan Sistem Pakar, diantaranya adalah :
1. Menjadikan pengetahuan dan nasihat lebih mudah didapat.
2. Meningkatkan output dan produktivitas.
3. Menyimpan kemampuan dan keahlian seorang pakar.
4. Meningkatkan penyelesaian masalah yang khusus.
5. Meningkatkan reliabilitas.
6. Memberikan respons (jawaban) yang cepat.
7. Merupakan panduan yang cerdas.
8. Dapat bekerja dengan informasi yang kurang lengkap dan mengandung ketidakpastian.
9. Sebagai basis data cerdas, bahwa system pakar dapat digunakan untuk mengakses basis data dengan cara cerdas.
Kelemahan Sistem Pakar, diantaranya adalah :
1. Masalah dalam mendapatkan pengetahuan di mana pengetahuan tidak selalu bisa didapatkan dengan mudah karena kadangkala pakar dari masalah yang kita buat tidak ada, dan kalaupun ada kadang pendekatan yang dimiliki oleh pakar berbeda-beda.
2. Untuk membuat suatu system pakar yang benar-benar berkualitas tinggi sangatlah sulit dan memerlukan biaya yang sangat besar untuk pengembangan dan pemeliharaanya.
3. Boleh jadi system tidak dapat membuat keputusan.
4. System pakar tidaklah 100% menguntungkan, walaupun seorang tetap tidak sempurna atau tidak selalu benar. Oleh karena itu perlu diuji ulang secara teliti sebelum digunakan. Sehingga dalam hal ini peran manusian tetap merupakan factor yang dominan.
Kelemahan-kelemahan atau kekurangan dari system pakar tersebut bukanlah sama sekali tidak bisa diatasi, tetapi dengan terus melakukan perbaikan dan pengolahan berdasarkan pengalaman yang telah ada maka hal itu diyakini akan dapat diatasi, walaupun dalam waktu yang panjang dan terus menerus.


HARAPAN UNTUK INDONESIA MENGENAI SISTEM CERDAS 
DALAM BIDANG = KESEHATAN.



     Harapan saya terhadap perkembangan Sistem Cerdas di indonesia ini adalah deengan dikembangkannya sebuah perangkat lunak yang memberikan informasi mengenai kesehatan. Informasi yang disajikan dapat diakses secara free maupun premium. Informasi tersebut juga berupa, penanggulangan terhadap suatu penyakit, penjelasan mengenai penyakit tersebut, pencegahan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bagaimana cara menangani suatu penyakit. Begitu juga di sajikan bahan alami, dan juga dokter spesialis/klinik terdekat dari lokasi user yang sedang mengaksesnya. Sistem pakar ini akan berguna untuk menjadikan Negara Indonesia ini masyarakatnya dapat hidup sehat dan mendapatkan informasi mengenai kesehatan secara lengkap dengan disajikan fitur software tersebut yang tidak membosankan, sehingga enak untuk dibaca dalam waktu santai. 

Sumber:
https://gaptechnology.wordpress.com/2010/03/23/kelebihan-dan-kekurangan-sistem-pakar/

0 komentar:

Posting Komentar