Minggu, 13 November 2016

KLASIFIKASI DATA SEKUNDER

Nama: Hendra Fauzi 



KLASIFIKASI DATA SEKUNDER
SECONDARY DATA
Data sekunder adalah data yang diperoleh/ dikumpulkan dan disatukan oleh studi-studi sebelumnya atau yang diterbitkan oleh berbagai instansi lain. Biasanya sumber tidak langsung berupa data dokumentasi dan arsip-arsip resmi.
Macam-macam Secondary Data:
1.       Internal
Data intenal adalah data dari dalam suatu organisasi yang menggambarkan keadaan organisasi tersebut. Contohnya: suatu perusahaan, jumlah karyawannya, jumlah modalnya, atau jumlah produksinya, dll.
a)      Ready to use adalah yang berarti data tersebut sudah matang / telah diolah sedemikian rupa sehingga data tersebut sudah siap digunakan.
b)      Requires further processing adalah yang berarti data tersebut masih belum matang dan masih dibutuhkan waktu untuk mengolah data tersebut agar dapat digunakan.
2.       External
Data external adalah data eksternal adalah data dari luar suatu organisasi yang dapat menggambarkan faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi hasil kerja suatu organisasi. Misalnya: daya beli masyarakat mempengaruhi hasil penjualan suatu perusahaan.
a)      Published Material adalah berbagai item yang diproduksi oleh suatu lembaga/system.
b)      Computerized Database adalah suatu metode untuk memodifikasi database yang digunakan untuk memanipulasi data.
c)      Syndicate Services adalah suatu jasa yang menawarkan sindikat untuk mencari data yang dibutuhkan.
SYNDICATED SERVICES
UNIT OF MEASUREMENT
Sistem SI pada pengukuran ini dikembangakan sejak tahun 1960 dan diakui sebagai versi yang terakhir dan kemudian dikenal sebagai sistem metrik (Metrick).Sistem pengukuran ini pada awalnya dikembangkan di Negeri Perancis pada abad tujuh belas, dan SI atau “System Interntional” adalah sistem ukuran yang sekarang  dipakai pada industri dan telah diakui di seluruh dunia (Internasional). Sistem SI mempunyai tujuh satuan dasar pengukuran dan satuan lain yang berasal dari ke tujuh satuan ini. Daftar berikut ini mendefinisikan tujuh satuan dasar beserta lambang (simbol)-nya. Kuantitas Nama Unit Simbol , Panjang (length) meter m, Massa (mass) kilogram kg, Waktu (time) second s, Arus listrik (electrical current) ampere A, Suhu (temperature) Kelvin K, Banyaknya zat (amount of substance) mole mol , intensitas cahaya Candela cd.
Macam-macam Unit of Measurement:
1.       HOUSEHOLDS/CONSUMER
Definisi dari household – Ini merupakan istilah asing dalam Antropologi. Definisi menurut kamus ekabahasa resmi Bahasa Indonesia definisi dari household adalah sebagai berikut. Definisi household Menurut Istilah Antropologi rumah tangga Itulah definisi dari household, untuk mencari istilah dan definisi yang lain dapat menggunakan kotak penelusuran.
Macam-macam households:
1)      Surveys
Dimana prosesnya adalah dating langsung ke suatu lokasi.
a)      Lifestyle = melihat pola gaya hidup dari suatu kelompok/individu.
b)      General = adanya interaksi social dari objek 1 ke objek yang lain.
c)       Advertising evaluation = evaluasi untuk pengiklanana yang akan dilakukan nantinya.
2)      Mail Diary
Catatan yang digunakan oleh konsumen untuk mendokumentasikan suatu kejadian.
a)      Purchase = Berbagai dokumentasi tentang pembelian yang telah tercatat dari hari-hari sebelumnya.
b)      Media = Berbagai media yang digunakan untuk tempat transaksi, pemesanan, dan sebagainya untuk melakukan suatu dokumentasi. Seperti:
·       Volume tracking data yang digunakan untuk mengikuti alur dari perkembangan suatu data.
·       Scanner Diary Panels yang digunakan untuk mencetak dari dokumentasi yang telah dibuat.
·       Scanner Diary Panels with Cable TV yang digunakan untuk mencetak catatan dokumentasi yang diambil dari televisi.
2.       INSTITUTIONS
Institutions adalah norma atau aturan mengenai suatu aktivitas masyarakat yang khusus. Norma/aturan dalam pranata berbentuk tertulis (undang-undang dasar, undang-undang yang berlaku, sanksi sesuai hukum resmi yang berlaku) dan tidak tertulis (hukum adat, kebiasaan yang berlaku, sanksinya ialah sanksi sosial/moral (misalkan dikucilkan)). Pranata bersifat mengikat dan relatif lama serta memiliki ciri-ciri tertentu yaitu simbol, nilai, aturan main, tujuan, kelengkapan, dan umur.
              Macam-macam institutions:
1)      Retailers
Retail adalah satu atau lebih aktivitas yang menambah nilai produk dan jasa kepada konsumen baik untuk kebutuhan keluarga atau untuk keperluan pribadi. Banyak orang berpikir bahwa Alfamart/Indomart merupakan retail yang sesungguhnya. Padahal berbisnis dalam dunia retail sangat menarik karena memerlukan ketelitian. Bahkan ada yang slogan yang berkata “retail is detail”. Slogan ini menandakan bahwa orang yang ingin berkecimpung dalam dunia retail haruslah orang yang mau bekerja keras, kreatif serta detail dalam setiap aktfitasnya. Retail tidak selalu berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari yang biasa dijual di Alfamart/Indomart. Contoh Pizza Hut, McD dan KFC merupakan contoh retail makanan yang sukses. Adapun retail mengcangkup dalam dunia jasa seperti Air Asia, Prudential dan TIKI yang menawarkan retail dalam bentuk jasa.
2)      Wholesalers
Pengertian pedagang adalah seseorang atau lembaga yang membeli dan menjual barang kembali tanpa merubah bentuk dan tanggungjawab sendiri dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Wholesaling adalah aktifitas-aktifitas seseorang yang menjual ke Retailer dan penjual lain atau ke industri, institusional, dan pengguna komersial, tetapi tidak menjual ke konsumen akhir dalam jumlah besar.
Wholesaler adalah perusahaan yang fungsi utamanya menyediakan aktifitas wholesaling.
a)      Audits adalah evaluasi terhadap suatu organisasi, sistem, proses, atau produk. Audit dilaksanakan oleh pihak yang kompeten, objektif, dan tidak memihak, yang disebut auditor. Tujuannya adalah untuk melakukan verifikasi bahwa subjek dari audit telah diselesaikan atau berjalan sesuai dengan standar, regulasi, dan praktik yang telah disetujui dan diterima.
3)      Industrial Firms
Industrial firms adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Usaha perakitan atau assembling dan juga reparasi adalah bagian dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa.
a)      Direct Inquires adalah proses dimana organisasi berkomunikasi secara langsung dengan target customer untuk menghasilkan respons atau transaksi.
b)      Clipping Services adalah sebuah layanan yang berupa kliping dan juga yang mendorong pembangunan startup.

c)       Corporate Reports adalah laporan umum suatu perusahaan dari proses pencatatan yang telah dilakukan selama satu periode.

COMPUTERIZE DATABASE
1.       On-Line adalah dimana suatu system yang digunakan user terhubung dalam suatu jaringan internet. Digunakan untuk mencari data yang diinginkan melalui jaringan internet.
2.       Internet Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").
3.       Off-Line adalah dimana suatu system yang digunakan user tidak terhubung dengan suatu jaringan. Biasanya digunakan untuk memanipulasi data yang telah diinginkan dengan menggunakan aplikasi manipulasi database.
1)      Bibliographic Database adalah database dari catatan bibliografi, dan referensi koleksi digital yang terorganisir untuk menjadi literature yang nantinya diterbitkan.
2)      Numeric Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari database tersebut yang berupa numerik/angka.
3)      Full-Text Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari database tersebut yang berupa teks.
4)      Directory Database adalah suatu kumpulan database yang disimpan di dalam suatu lokasi direktori dan disatukan untuk dijadikan dokumentasi kedepanya. Dan dapat dibuka kembali ketika database tersebut nantinya dibutuhkan.
5)      Special-Purpose Database Database yang digunakan untuk menangani suatu masalah/kasus khusus. Biasanya para client dari suatu project pembuatan system, akan merequest hal tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar